27 November 2012

Gejala Fisis

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal”. (Al Imran :190) 

Dalam ayat diatas kita diberi petunjuk, setidaknya tersirat beberapa makna antara lain adalah: alam semesta yang senantiasa berproses tanpa henti dan menyajikan banyak sekali gejala dalam seluruh dimensi ruang dan waktu yang terus berkembang.

 
” Hanya kepada Allah lah tunduk/patuh segala apa yang ada dilangit dan di bumi baik atas kesadarannya sendiri ataupun karena terpaksa, (dan sujud pula) bayang-bayangnya diwaktu pagi dan petang” (ar Raad :15)

Dalam ayat ini Allah SWT mengingatkan kita bahwa apapun nama dan bentuk gejala yang ditunjukan-Nya selalu mengikuti suatu sistem dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya.
” Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah diwaktu senja, dan dengan malam dan apa yang diselubunginya. Dan dengan bulan apabila jadi purnama, sesungguhnya kamu melalui tingkat-demi tingkat”. (Al Insyiqaaq 16-19) 

Allah SWT menampilkan gejala fisis untuk diartikan sebagai perumpamaan antara lain behwa terdapat 3 tahap yang harus dilalui manusia yaitu : pertama, adanya ketidaktahuan kita seperti kita melihat dalam kegelapan malam. Kedua, adanya keragu-raguan kita seperti halnya kepekaan kita melihat cahaya merah di waktu senja dan ketiga, ditunjukan-Nya gejala fisis serta penjelasan secara nyata dan membawa isyarat keindahan dan keagungan-Nya.

sumber :
Zhuldyn.Wordpress.Com

5 comments:

  1. postingan yang mendekatkan qt pada Sang Pencipta

    ReplyDelete
  2. blognya cukup bagus , good job . dengan adanya blog ini bisa menambah wawasan. postingan bisa menambah kita untuk lebih mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa :)

    ReplyDelete
  3. setelah membaca artikel diatas, wawasan sy bertambah mengenai alam semesta ini dengan landasan alquran :D
    secara tidaklangsung, artikel ini membawa kita untuk semakin dengan Maha Agung Allah SWT

    blognya inspiratif sekali, sy suka :D

    ReplyDelete
  4. fisika yang dihubungkan dengan fisika (fisika religi) membuat kita lebih dekat dengan Allah setelah mempelajarinya

    ReplyDelete